MADRASAH KEHIDUPAN


IBU YANG PERTAMA MENGENALKAN CINTA DAN KASIH SAYANG, IBU YANG PERTAMA MENGAJARKAN TENTANG KEBENARAN, IBU YANG MEMBERI WARNA KEHIDUPAN, IBU MADRASAH PERTAMA KEHIDUPAN

Rabu, 23 Maret 2016

MADRASAH KEHIDUPAN - 5

( Bagian 5 )
TUHAN JANGAN AMBIL PUTRIKU !



“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”  ( QS. Al Ankabud : 2 - 3 ).

Ujian itu segera datang menghampiri kami pada awal-awal kehidupan kami berkeluarga, yang seharusnya masih dipenuhi dengan rona-rona kebahagiaan  keluarga baru. Sebulan setelah kehadiran putri mungil kami, hari-hari terasa berat untukku, air mataku terus mengalir seakan tak pernah kering seiring dengan tangis pilu putri kecilku yang tiada henti, dia selalu menagis dan menangis. Andai kutau apa yang dia rasakan, andai ku tau apa yang bisa kulakukan, andai kubisa menggantikan, ku ingin derita anakku dialihkan saja padaku biarlah aku tanggung rasa sakitnya, biarlah aku saja yang merasakannya, tapi itu mustahil.  Putri kecilku yang tanpa dosa tetap saja harus menaggung kesakitan yang teramat sangat, putriku yang baru sebulan dalam buaian harus merasakan deritaa yang tak henti yang dia suarakan lewat tangis pilunya yang mengiris-iris hati dan jantungku. Sesaatpun putriku tak pernah kulepas dari gendonganku atau  suamiku,  kami tak ingin dia merasa sendiri, kami ingin dia tahu ada ibu dan ayahnya yang siap menanggung deritanya.
Masa itu adalah masa cobaan yang teramat besar bagi kami, kami sungguh tidak tahan setiap saat melihat dia menangis merintih kesakitan tanpa tahu apa yang harus kami lakukan untuk sedikit mengurangi derita putriku dan membuatnya nyaman. Yang kami lakukan hanyalah mencoba memberikan kasih sayang kami sepenuh jiwa melalui dekapan kami yang tidak pernah kami lepaskan, seakan kami ingin katakan " jangan takut putriku ... ayah - ibu ada untukmu .... ayah-ibu akan menolongmu ...  ".
Pada awalnya dokter mendiagnosis putri kami menderita hepatitis, dugaan tersebut dari hasil tes darah yang menunjukkan angka bilirubin, SGPT, dan SGOT nya yang sangat tinggi jauh dari standar normal. Beberapa tes  hepatitis dilakukan untuk putri kami mulai dari hepatitis A, B, dan C. Tapi hasil tes menunjukkan hasil negatif, sementara gejala ketidaknormalan fall hati ( liver ) putri kami yang baru berumur 1 bulan itu sudah sangat jelas. Saat itu kami benar-benar tidakmemahami apa yang terjadi pada putri kami, perawatan yang dilakukan dokter dari waktu ke waktu sama sekali tidak membawa perubahan yang berarti. Kulit tubuhnya masih tampak kuning, perutnya semakin membesar,  dan badannya semakin kurus. Demikianpun hari-harinya masih diisi dengan tangisan pilu kesakitan. " Tuhan apa salahku ... apa dosa kami sehingga engkau menghukum kami seperti ini, dimana keadilanMU ..." demikian pernah suamiku meratap karena tidak tega dengan penderitaan putri kami. Saya hanya bisa mengatakan " sabar ayah ... kita sedang diuji ... jangan pernah katakan itu lagi ... kita selalu yakin bahwa Tuhan itu maha adil ".
meskipun setiap saat hatikupun menjerit.
Semua nasehat orang sudah kami lakukan, kami pergi ke orang pintar (meskipun sebenarnya hati kami menentang ), ke kyai termasyhur yang kabarnya sudah sering menyembuhkan orang, ke alternatif, serta perawatan intensif dengan dokter spesialis, tetapi tidak banyak yang berubah pada putri kami. Dia masih harus menanggung deritanya sepanjang waktu.
Hari itu kami sekeluarga pergi ke seorang kyai yang di rekomendasikan oleh keluarga kami, saya, suami, disertai dengan kedua orang tua kami. Dari  Kyai tersebut kami mendapat oleh-oleh air minum yang sudah didoakan sebagai bentuk ikhtiar mudah-mudahan bisa menjadi wasilah kesembuhan putri kami. Perjalanan agak jauh sekitar 50 km  dari rumah kami. Perjalanan yang teramat berat dirasakan putri kami, sepanjang  perjalanan berkali-kali dia muntah, dan diare yang memang sudah menjadi bagian dari rutinitas penderitaannya setiap hari. Kami segera pulang karena tidak tega dengan kondisi putri kami. Sesampai di rumah dia tertidur, aku dan suami sedikit lega putriku tertidur pulas sekali dan kami dapat beristirahat. Tapi tidak lama, nuraniku terusik, benarkah anakku tertidur ? atau jangan-jangan dia sedang sekarat ? segera aku coba gerak-gerakkan tangannya, badannya ...  Oh Allah ... terimakasih engkau masih menyayangi kami dengan segera engkau gerakkan hatiku untuk segera tahu bahwa saat itu putriku sedang sangat menderita, dia sedang sangat lemah, dia sedang sekarat .... aku langsung berteriak " Ayah ... anak kita sekarat ...! segera suamiku melompat bangun dari tidur ayamnya. Suamiku segera mencari mobil carteran untuk mengantar kami ke Rumah sakit tempat biasa putri kami dirawat. Segera kami berangkat, dan memacu mobil kami dengan cepat. Sesampai di rumah sakit,  dokter dan perawat segera dengan cepat menagani putri kami. Dokter mengatakan Allah masih menyalamatkan putri kami, andai kami terlambat 30 menit saja maka putri kami tidak akan lagi dapat ditolong. Subhanallah ... kami berdua langsung sujud syukur dan beristighfar, Astaghfirllahal 'Adhim ..... betapa dholimnya kami telah berprasangka buruk kepada Tuhan dan menganggap tuhan tidak adil pada kami. Selanjutnya putri kami harus dirawat di Rumah sakit kembali setelah perawatan terakhirnya 2 minggu sebelimnya.
Empat hari dirawat di rumah sakit, aku merasakan penderitaan putri kami semakin berat, berkali-kali suster harus menusuk-nusuk nadinya untuk mengganti infus yang sering lepas karena gerakan putrikami yang kadang tidak terkendali. Ditambah lagi dengan penderitaannya sulit buang air besar, sehingga harus dirangsang dengan selang dulu untuk dapat mengeluarkan kotorannya. Belakangan dia juga tiba-tiba sering mengerang, keduatangannya mengepal, matanya tertutup dan berputar-putar, kata dokter itu karena dia sedang kesakitan. Allahu Akbar .... Ya Allah tolonglah kami Sudahi penderitaan putri kami .... Ya Allah tolonglah putri kami .... hari-hari kami isi dengan ratapan bermohon Allah Yang maha kasih berkenan menolong putri kami.
Siang itu, tiba-tiba putri kami mengerang dengan sangat keras, matanya tertutup rapat, dan badannya berputar-putar, segera suamiku berlari memanggil dokter dengan harapan dokter dapat menolong meringankan kesakitan yang sedang putri kami rasakan. Dokter segera datang bersama perawat yang biasa menangani putri kami. Tapi mereka  hanya diam tertegun, tidak ada satu halpun yang dilakukan untuk mencoba meringankan beban putri kami, aku yang lelah berteriak sambil menangis " Dokter tolonglah putri kami ...dokter tolonglah putri kami ...". Orangtuaku sibuk menenagkanku " Sudahlah nak ... Ikhlaskan anankmu ....". "Tidak .." jawabku  " Anakku akan sembuh ...." itu adalah keyakinanku.  "Tuhan jangan ambil putriku .... jangan ambil putriku ....." jeritku pilu.

 Bersyukur kejadian itu tidak lama, hanya sekitar 10 menit berselang kembali putriku tenang. Segera dokter dan perawat beranjak meninggalkan kami dan mengajak suamiku bersamanya  untuk membicarakan sesuatu tentang putri kami. Tidak berselang lama, suamiku datang dengan mata yang berkaca-kaca dia menyampaikan keputusan dokter bahwa putri kami secara medis tidak bisa disembuhkan karena kondisi penyakit dan usianya yang masih sangat muda. Kami harus membawa pulang putri kami dengan tanpa harapan. Dokter hanya meyakinkan kami bahwa kami masih punya Sang maha Penolong Akan Allah SWT akan menolong kami jika dikehendaki putri kami berumur panjang, kami disarankan perbanyak doa dan bacaan sholawat untuk kesembuhan putri kami. Akhirnya kamipun pulang, dengan berbekal keyakinan bahwa anakku pasti akan sembuh dan Allah akan menolong putri kami, kami tidak ragu sedikitpun untuk membawa pulang putri kami dari Rumah sakit dengan harapan kami akan menemukan obatnya ditempat yang lain. Kami yakin jika Allah menghendaki kehidupan bagi putri kami, pasti Allah akan menunjukkan jalannya kepada kami. Satu kalimat yang tak henti terucap dari lubuk hatiku " Tuhan jangan ambil putri kami ... tuhan jangan ambil putri kami .... Tuhan jangan uji kami diluar batas kemampuan kami .... berikan kami kesabaran dan kekuatan iman"., Subhanallah .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar